PRAKTIKUM MEMBUAT PENYADAP SUARA SEDERHANA


PRAKTIKUM MEMBUAT PENYADAP SUARA SEDERHANA

DENGAN PRINSIP PEMANTULAN BUNYI

 

  1. Kegunaan Alat

Penyadap suara adalah alat untuk mendengarkan suara atau percakapan seseorang pada jarak sekitar 10 sampai 15 meter dengan bantuan reflektor sebagai pengumpul suara dan pre-Amp mic sebagai penguat sinyal listrik dari microphone.

 

  1. Alat Kerja

Untuk membuat penyadap suara ini kita tidak bisa memanfaatkan semua dari barang bekas, kita harus membeli barang-barang yang kita butuhkan dari toko elektronik, walaupun semuanya tidak harus baru. Alat-alat itu antara lain :

  1. wajan bekas

Berguna sebagai reflektor bunyi, prinsipnya seperti kompor matahari hanya pada kompor matahari yang dikumpulkan adalah cahaya matahari sedangkan pada penyadap suara ini yang dikumpulkan reflektor adalah bunyi.

  1. Microphone

Mic (Microphone) adalah alat yang mengubah getaran energi bunyi menjadi listrik. Microphone berfungsi sebagai penerima getaran suara yang telah dikumpulkan melalui reflektor menjadi getaran listrik.

  1. Pre-Amp Mic

Pre-Amp Mic ini dapat didapatkan di toko-toko elektronik dengan harga relatif murah. Jangan lupa saat membeli pre-amp mic ini menanyakan cara mengeset sumber tenaga dan kabel yang di pasang di mic.

  1. Kabel
  2. Headphone
  3. Dan batu batre
  4. Dudukan batu batre

 

  1. Mengset alat penyadap suara sederhana

Rangkailah alat seperti gambar di bawah ini :

 

  1. Memasang mic dan reflektor

Tempatkan mic ditengah-tengah reflektor dengan cara di pasang dengan kawat atau penyangga yang lain. Pasanglah mic seperti gambar di atas, usahakan mic dapat dirubah kedepan atau kebekang untuk mencari titik terkumpulnya suara yang sedang disadap.

  1. Penguat

Penguat terdiri dari batrey sebagai sumber tenaga dan pre-amp mic untuk menguatkan signal. Untuk hasil lebih baik gunakan 2 atau lebih pre-amp mic secara seri agar penerimaan lebih peka terhadap getaran suara.

  1. Speaker

Speaker dapat diganti dengan Headphone yang dihubungkan dengan output pre-Amp mic.

 

 

 

  1. Mencoba alat

Hidupkanlah penguat kemudian coba carilah seseorang yang berbicara pada jarak 10 atau 15 meter. Apakah suara dapat terdengar dengan jelas, jika tidak periksalah bagian mic dan reflektor kalau perlu lapisi reflektor dengan bahan yang lunak tetapi jangan terlalu lunak misalkan solasi.

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

3 Balasan ke PRAKTIKUM MEMBUAT PENYADAP SUARA SEDERHANA

  1. aris berkata:

    ga ada gambarnya ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s